02 Juli 2014

Dampak Kemajuan Teknologi Game

Teknologi Game yang semakin hari semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak hanya menimbulkan dampak positif saja, namun juga dampak negatif.

Dampak negatif tersebut berkaitan dengan eksistensi permainan tradisional. Dimana perlahan namun pasti permainan-permainan tradisional tersebut akan terlupakan dan hilang tertelan zaman era modern ini. Banyaknya masyarakat dari berbagai kalangan usia yang lebih menyukai permainan-permainan modern terlebih permainan pada gadget-gadget masa kini, membuat mereka melupakan permainan tradisional. Bahkan beberapa tak hanya dilupakan, namun juga diacuhkan serta dianggap membosankan, kuno dan tak bernilai. Padahal permainan - permainan tradisional pun banyak nilai positifnya.

Oleh karena itu, kita selaku generasi muda harus berusaha untuk mengeseimbangkan eksistensi antara permainan tradisional dan permainan modern yang menggunakan berbagai macam teknologi tersebut.
Kita harus melestarikan berbagai permainan tradisional, terlebih permainan-permainan tradisional yang mengandung unsur kebudayaan Indonesia. Contohnya seperti permainan galaksin, bekel, kelereng, gobak sodor atau bahkan catur jawa, congklak dan sebagainya.

Lestarikanlah kebudayaan-kebudayaan Indonesia meskipun hanya dari sebuah permainan, hanya dari hal sederhana. Karena dari situlah kepeduliaan kita terhadap nilai-nilai budaya dan permainan-permainan tradisional pun dapat dilihat dan diaplikasikan.

Tidak ada komentar: