03 April 2014

About Flappy Bird

About Flappy Bird


Flappy Bird dibuat oleh Dong Nguyen yang lahir pada 11 Januari 1986, pemuda 29 tahun yang tinggal di Hanoi, Vietnam. Ia sebelumnya telah membuat sejumlah game di iOS dan game flash lainnya, di bawah nama Gears Studios, yang bukanlah nama sebuah perusahaan, melainkan hanya Nguyen seorang. Asal-usul Flappy Bird mulai terlihat pada 6 November 2012, berawal dari tweet yang dilontarkan oleh Dong Nguyen pada twitter nya. Dan setelah itu mulai banyak pengguna twitter yang tertarik dan mencoba game buatan Dong Nguyen tersebut.

Pada 3 Desember 2013, Flappy Bird berhasil masuk ke urutan ke-74 di kategori keluarga dan urutan ke-395 dalam kategori game di App Store kawasan AS. Nguyen kembali memakai Twitter pada 11 Desember. Dia membalas mention pengguna yang menginginkan Flappy Bird hadir untuk platform Android. Flappy Bird terus meningkat, naik ke urutan ke-259 untuk kategori aplikasi gratis di AS, urutan ke-80 untuk kategori game di AS, dan peringkat ke-14 untuk kategori keluarga. Pengguna Twitter mulai melontarkan kicauan tentang Flappy Bird, membuat gambar olahan (meme) bernuansa lucu yang menggambarkan emosi atau kefrustrasian mereka memainkan Flappy Bird. Nguyen melakukan retweet beberapa gambar.

Game ini dapat tergolong ke dalam game sederhana, dimana cara bermain permainan ini mengandalkan kesabaran, ketelitian dan kelincahan si pemain untuk dapat melewati pipa-pipa sebanyak mungkin dengan cara men-tap si burung kecil dengan bibir yang tebal agar dapat tetap terbang.

Kini Flappy Bird telah ditarik dari Apple app store dan Google Play Store. Banyak sekali pendapat, pemberitaan dari berbagai pihak hingga hoax-hoax yang bermunculan di media sosial mengenai hal tersebut. Namun nyatanya, game ini ditarik dari peredarannya oleh Dong Nguyen sendiri.

Setelah game Flappy Bird ini sukses dikalangan Internasional bahkan telah menghasilkan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta dalam sehari, Dong Nguyen mulai merasa kehidupannya terganggu. Dong Nguyen mulai merasa kesederhanaan akan kesehariaannya terganggu oleh banyaknya wartawan dan berbagai media yang ingin mewawancarainya dan ingin mengetahui kehidupannya lebih dalam. Hal itu membuat Dong Nguyen merasa tidak tenang dan lebih memilih meghapus flappy bird dari peredaran.

Dong Nguyen, Pencipta Flappy Bird

Tidak ada komentar: