MOTION CAPTURE
Motion capture adalah jenis animasi komputer
yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Motion
capture adalah langkah awal untuk menentukan bentuk model objek yang akan
dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah objek berupa gambar wajah yang
sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image
Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG.
Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau
sejenisnya. Dalam tahap ini proses penentuan objek 2D memiliki pengertian bahwa objek
2D yang akan dibentuk merupakan dasar
pemodelan 3D. Keseluruhan objek 2D dapat
dimasukkan dengan jumlah lebih dari satu, model yang akan dibentuk sesuai
dengan kebutuhan. Dalam merekayasa pembuatan
objek dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi program grafis yaitu
adobe photoshop dan lain sebagainya.
METODE MODELING 3D
3D modeling adalah sebuah proses untuk
menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata. Dalam 3D
modeling komponen penyusun objek di kelompokkan dalam 5 level. Komponen
penyusun ini disebut sub-objek. Berikut adalah ke lima sub objek dalam 3D
modeling yaitu:
- Vertex
- Edge
- Face
- Polygon
- Element
RENDERING
Rendering
adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan atau pun animasi
komputer. Rendering , semua data-data
yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan
parameter tersebut akan diterjemahkan dalam sebentuk output (tampilan akhir
pada model dan animasi).
Rendering
tidak hanya digunakan pada game programming saja, tetapi juga digunakan pada
banyak bidang, misalnya arsitektur, simulator, movie, special effect pada
tayangan televisi, dan design visualization, rendering pada bidang-bidang
tersebut memiliki perbedaan, terutama pada fitur dan teknik renderingnya.
Terkadang rendering juga diintegrasikan dengan model yang lebih besar seperti
paket animasim tetapi terkadangn berdiri sendiri dan juga bias free open source
product.
TEXTURING
Texturing
atau pemberian material adalah salah satu tahapan paling penting dalam
pembuatan design ataupun animasu 3D. texturing akan memberikan kesan yang
terlihat nyata dan realistic pada setiap 3D. pemahaman akan jenis, sifat, dan
bahan suatu material dan scene.
IMAGE DAN DISPLAY
Merupakan
hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya objek pemodelan
yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan,
pencahayaan ataupun visual effect yang dimasukkan pada tahapan teksturing
pemodelan. Output images memiliki resolusi tinggi berkisar full 1280/screen
berupa file dengan JPEG, TIFF, dan
lain-lain. Dalam tahapan display, menampilkan sebuah bacth render, yaitu
pemodelan yang debangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya
dianalisa apakah model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari display
ini adalah berupa *.avi, dengan resolusi maksimal full 1280/screen dan file
*.JPEG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar