28 November 2013

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

MOTION CAPTURE

Motion capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture adalah langkah awal untuk menentukan bentuk model objek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah objek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode  Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya. Dalam tahap ini  proses  penentuan objek 2D memiliki pengertian bahwa objek 2D yang akan dibentuk  merupakan dasar pemodelan 3D. Keseluruhan objek  2D dapat dimasukkan dengan jumlah lebih dari satu, model yang akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Dalam merekayasa pembuatan  objek dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi program grafis yaitu adobe photoshop dan lain sebagainya.

METODE MODELING 3D

3D modeling adalah sebuah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata. Dalam 3D modeling komponen penyusun objek di kelompokkan dalam 5 level. Komponen penyusun ini disebut sub-objek. Berikut adalah ke lima sub objek dalam 3D modeling yaitu:
  • Vertex
  • Edge
  • Face
  • Polygon
  • Element

RENDERING

Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan atau pun animasi komputer.  Rendering , semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tersebut akan diterjemahkan dalam sebentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi).
Rendering tidak hanya digunakan pada game programming saja, tetapi juga digunakan pada banyak bidang, misalnya arsitektur, simulator, movie, special effect pada tayangan televisi, dan design visualization, rendering pada bidang-bidang tersebut memiliki perbedaan, terutama pada fitur dan teknik renderingnya. Terkadang rendering juga diintegrasikan dengan model yang lebih besar seperti paket animasim tetapi terkadangn berdiri sendiri dan juga bias free open source product.

TEXTURING

Texturing atau pemberian material adalah salah satu tahapan paling penting dalam pembuatan design ataupun animasu 3D. texturing akan memberikan kesan yang terlihat nyata dan realistic pada setiap 3D. pemahaman akan jenis, sifat, dan bahan suatu material dan scene.

IMAGE DAN DISPLAY

Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya objek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan ataupun visual effect yang dimasukkan pada tahapan teksturing pemodelan. Output images memiliki resolusi tinggi berkisar full 1280/screen berupa file dengan JPEG, TIFF,  dan lain-lain. Dalam tahapan display, menampilkan sebuah bacth render, yaitu pemodelan yang debangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari display ini adalah berupa *.avi, dengan resolusi maksimal full 1280/screen dan file *.JPEG.

Tidak ada komentar: