MAKALAH
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
TUGAS
2: MATERI ASPEK PEMASARAN
SUB
POKOK STRATEGI PROMOSI BIDANG TIK
(Ditujukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika)
Disusun Oleh:
Mutia
Purnamasari (55411048)
Wahyu
Mella Harita (57411331)
Anggota Kelompok 3 (Materi Aspek
Pemasaran):
Enrico
Didi Fransman (52411444)
Jodhi
Satrio (53411833)
Juliandi
Kasugara Gestanodika (53411879)
Mutia
Purnamasari (55411048)
Raden
Mochamad Ryansyah (58411440)
Wahyu
Mella Harita (57411331)
Yohanes
Frans Budiman (57411551)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perusahaan
dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain
itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang
yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari
keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang
diinginkan oleh konsumen. Dalam mencapai strategi pemasaran / promosi yang
tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari
faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan
salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu
produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen,
maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk
menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia. Pemasaran / promosi
merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada
saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan
untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu diperlukan strategi
pemasaran / promosi yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil
atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran / promosi yang
dilaksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal
ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar
belakang diatas, maka masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah menjelaskan
mengenai strategi promosi dalam bidang TIK.
1.3 Maksud Dan Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk
menjelaskan kepada pembaca mengenai strategi promosi yang digunakan dalam
bidang TIK.
BAB
2
PEMBAHASAN
2.1
Strategi Promosi Dalam Bidang TIK
Di
jaman serba modern ini, kemajuan teknologi sangat berkembang dengan pesat.
Kurang lebih ada 6 jenis teknologi yang dikenal dan digunakan yaitu:
·
Teknologi komunikasi memudahkan
masyarakat untuk bertukar informasi. Contohnya seperti sehari-hari yang sudah
kita kenal yaitu ponsel atau gadget.
·
Teknologi Industri, adalah teknologi
untuk memudahkan masyarakat dalam memproduksi kebutuhannya.
·
Teknologi perencanaan; teknologi yang
ada menjadi basis untuk merencanakan teknologi baru yang sesuai dengan
kebutuhan di masa depan.
·
Teknologi kesehatan, untuk memudahkan
masyarakat menjaga kesehatan.
·
Teknologi olahraga dan rekreasi, sebagai
sarana masyarakat untuk berolahraga dan berlibur.
·
Teknologi transportasi, untuk memudahkan
masyarakat dalam berpergian ke tempat lain. Bisnis dalam bidang teknologi pun
berkembang cepat.
Salah
satu bisnis teknologi yang sekarang sedang menjadi perhatian banyak orang
adalah bisnis teknologi komunikasi yang meliputi penjualan ponsel smartphone,
gadget, laptop dan komputer. Para pebisnis yang menjalani usaha ini melakukan
banyak cara untuk memajukan bisnis mereka yang dalam dunia bisnis dikenal sebagai
strategi promosi. Berikut adalah tiga jenis strategi promosi
yang wajib anda lakukan jika anda seorang pebisnis di bidang teknologi
komunikasi.
1.
Memperhatikan trend
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kemajuan dalam bidang
teknologi komunikasi sangatlah berkembang dengan cepat. Belum ada beberapa
bulan setelah keluaran teknologi terbaru, akan muncul lagi jenis teknologi
canggih yang lainnya. Jika anda membuka bisnis ini, anda harus pintar-pintar
mengikuti trend yang sedang ada di kalangan masyarakat. Misalnya, trend saat
ini yaitu teknologi AR (Augmented Reality). Berarti kita harus membuat media
promosi berbentuk AR dan memasarkan produk kita pada event teknologi yang ada.
2.
Melakukan Metode Promosi Efektif
Ini merupakan strategi yang wajib anda lakukan jika anda
membuka bisnis apapun itu jenisnya. Mempromosikan bisnis anda kepada masyarakat
dapat dilakukan dengan banyak cara. Dalam melakukan promosi agar dapat efektif
perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis
kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam
meningkatkan penjualan. Ada lima jenis kegiatan promosi, antara lain :
·
(Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan
menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk
promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan
calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal
mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas
informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
·
Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk
promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk
penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian
konsumen.
Promosi penjualan yang dilakukan
oleh penjual dapat dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai.
Pengelompokan tersebut adalah sebagai berikut :
·
Customer promotion, yaitu promosi yang
bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
·
Trade promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir,
pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa dari
sponsor.
·
Sales-force promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
·
Business promotion, yaitu promosi penjualan yang
bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan kontrak hubungan
dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada
pelanggan lama dan mendidik pelanggan.
3.
Memilih Lokasi Yang Strategis
Strategi yang selanjutnya ini mungkin menjadi penentu dalam kemajuan
sebuah bisnis seperti properti dan kuliner dan tidak ketinggalan bisnis
teknologi yang anda jalankan. Pilihlah lokasi yang strategis, biasanya di
tengah-tengah kota dan di pinggir jalan raya agar bisnis anda bisa dengan mudah
dilihat dan diakses orang banyak.
Namun yang jelas apapun jenis
kebutuhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi, tetap pada perencanaan
bagaimana agar perusahaan tetap eksis dan berkembang. Apalagi jika perusahaan
tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.
Ada 3 gagasan utama dalam
perencanaan bisnis yang dikemukakan oleh Kotler-AB. Susanto (2000 : 80) :
1. Bahwa bisnis
perusahaan seharusnya seperti ” Portofolio Investment ”, yaitu perlu
diputuskan bisnis mana yang dapat dikembangkan, dipertahankan, dikurangi atau
bahkan mungkin dihentikan. Karena tiap bisnis memiliki keuntungan masing-masing
dan sumber daya perusahaan harus dikelola sesuai dengan potensi yang
menguntungkan.
2. Berorientasi
pada potensi keuntungan di masa depan dengan mempertimbangkan tingkat
pertumbuhan pasar dan posisi serta kesesuaian perusahaan. Tidak cukup dengan
mengandalkan penjualan dan keuntungan yang telah dicapai pada tahun sebelumnya
sebagai panduan.
3. Strategi.
Perusahaan harus memiliki dan menetapkan rencana kerja untuk mencapai sasaran
jangka panjang dengan melihat posisi industri (lihat Identifikasi Pesaing),
sasaran, peluang keahlian serta sumber daya perusahaan.
Di samping tiga gagasan utama di
atas, perlu pula dilakukan analisa atau pendekatan-pendekatan untuk menanggapi
adanya perubahan-perubahan pada kondisi pasar yang bisa berdampak pada faktor
biaya, Tjiptono (2000 : 7- 8). Sehingga dengan melakukan analisa dapat
dilakukan antisipasi agar tidak keluar biaya yang tidak terkontrol yang dapat
mempengaruhi kebijakan perusahaan.
BAB 3
KESIMPULAN
Strategi promosi dalam bidang TIK ada 3, yaitu:
1. Memperhatikan trend
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kemajuan dalam bidang
teknologi komunikasi sangatlah berkembang dengan cepat. Belum ada beberapa
bulan setelah keluaran teknologi terbaru, akan muncul lagi jenis teknologi
canggih yang lainnya. Jika anda membuka bisnis ini, anda harus pintar-pintar
mengikuti trend yang sedang ada di kalangan masyarakat. Misalnya, trend saat
ini yaitu teknologi AR (Augmented Reality). Berarti kita harus membuat media
promosi berbentuk AR dan memasarkan produk kita pada event teknologi yang ada.
2.
Melakukan Metode Promosi Efektif
Ini merupakan strategi yang wajib anda lakukan jika anda
membuka bisnis apapun itu jenisnya. Mempromosikan bisnis anda kepada masyarakat
dapat dilakukan dengan banyak cara. Dalam melakukan promosi agar dapat efektif
perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis
kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam
meningkatkan penjualan. Ada lima jenis kegiatan promosi, antara lain :
·
(Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan
menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk
promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan
calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non
personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas
informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
·
Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk
promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
·
Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk
penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian
konsumen.
Promosi penjualan yang dilakukan
oleh penjual dapat dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai.
Pengelompokan tersebut adalah sebagai berikut :
·
Customer promotion, yaitu promosi yang
bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
·
Trade promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir,
pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa dari
sponsor.
·
Sales-force promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
·
Business promotion, yaitu promosi penjualan yang
bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan kontrak hubungan
dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada
pelanggan lama dan mendidik pelanggan.
3.
Memilih Lokasi Yang Strategis
Strategi yang selanjutnya ini mungkin menjadi penentu dalam kemajuan
sebuah bisnis seperti properti dan kuliner dan tidak ketinggalan bisnis
teknologi yang anda jalankan. Pilihlah lokasi yang strategis, biasanya di
tengah-tengah kota dan di pinggir jalan raya agar bisnis anda bisa dengan mudah
dilihat dan diakses orang banyak.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.bisnisindeks.com/strategi-marketing-dalam-bidang-teknologi-komunikasi/ diakses pada tanggal 24 Desember 2014 jam 20:00
http://adedittadaeli.blogspot.com/2013/06/makalah-aspek-pasar-dan-pemasaran.html diakses pada tanggal 24 Desember 2014 jam 20:00
http://mahadua.blogspot.com/2014/01/makalah-promosi.html diakses pada tanggal 24 Desember
2014 jam 20:00
http://mooviie.blogspot.com/2013/11/tugas-softskill-aspek-pemasaran.html diakses pada tanggal 24 Desember
2014 jam 20:00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar